Berakhir sudah pleno di 16 kecamatan di Kabupaten Kupang

oleh

Kupang – Komisi Pemilihan Umum (KPU mencatat 16 dari 24 kecamatan di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, telah merampungan rapat pleno penghitungan surat suara untuk Pemilu 2019.

"Berdasarkan laporan yang diterima KPU Kabupaten Kupang sudah 16 kecamatan yang telah menyelesaian rapat pleno penghitungan suara piplres dan pileg 2019," kata juru bicara KPU Kabupaten Kupang Johanis Tunbonat kepada wartawan di Oelamasi, Senin (29/4).

Johanis Tunbonat yang ditemui di pusat pemerintahan Kabupaten Kupang, 38 km arah timur Kota Kupang itu mengatakan proses penghitungan suara di 16 kecamatan itu sudah selesai dilakukan pada Sabtu (27/4) lalu.

Menurut dia, arus balik distribusi logistik pemilu dari 16 kecamatan menuju KPU Kabupaten Kupang di Oelamasi sedang berlangsung untuk diplenokan di tingkat KPU Kabupaten Kupang.

Menurut dia, dengan telah dilakukan rapat pelno di 16 kecamatan tersebut maka masih tersisa delapan kecamatan di kabupaten yang berbatasan dengan Distrik Oecusse, Timor Leste yang sedang melakukan proses penghitungan, antara lain PPK Sulamu, Kupang Tengah, Fatuleu, Kupang Timur, dan Amabi Oefeto.

Menurut dia, proses penghitungan suara di delapan kecamatan itu berjalan lambat karena adanya pemungutan suara ulang (PSU) pada 27 April 219 seperti di Kecamatan Fatuleu, Kupang Tengah dan Sulamu. Sedangkan, di Kecamatan Amabi Oefeto dan Kupang Timur berjalan lambat karena banyaknya jumlah TPS.

"Khusus untuk Kecamatan Amabi Oefeto jumlah TPS mencapai 112 buah, sehingga membutuhkan waktu lama untuk melakukan rapat pleno penghitungan suara di tingkat kecamatan, apalagi banyak keberatan dilakukan peserta pemilu sehingga membutuhkan waktu untuk melakukan klarifikasi dalam rapat pleno di tingkat kecamatan," tegas Johanis Tunbonat.

Menurut salah satu komisioner KPU Kabupaten Kupang ini sekalipun berjalan lambat, namun tahapan rapat pleno di tingkat kecamatan masih sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Rapat pleno di kecamatan sesuai agenda akan berlangsung 18 April hingga 4 Mei 2019. Kami berharap dalam pekan ini suah selesai melakukan rapat pleno," tegasnya.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!