DKP NTT Target Produksi Rumput Laut 2,3 Juta Ton Tahun 2019

oleh

DKP NTT Target Produksi Rumput Laut 2,3 Juta Ton Tahun 2019

Uri.co.id|KUPANG – Dinas Keluatan dan Perikanan (DKP) Provinsi NTT menargetkan peningkatan produksi rumput laut di NTT tahun 2019 ini menjadi 2,3 juta ton. Pada tahun 2018, produksi komoditi ini 1,9 juta ton.

Hal ini disampaikan Kepada DKP NTT, Ganef Wurgiyanto, Selasa (4/6/2019).

Menurut Ganef, pada tahun lalu, produksi rumput laut di NTT mencapai 1,9 juta ton,karena itu untuk tahun 2019 ini, target produksi sebanyak 2,3 juta ton.

“Kita terus berupaya agar target produksi bisa mencapai,karena untuk tahun ini kita target 2,3 juta ton. Berbagai upaya kita lakukan agar produksi bisa meningkat di tahun 2019 ini,” kata Ganef.

Dijelaskan, pemerintah akan memberi bantuan kepada petani rumput laut berupa bibit dan sarana.

“Untuk bibit, kita kerja sama dengan Pak IA Medah dan juga TNC. Fokus kita pada beberapa sentra produksi rumput laut,” katanya.

Dikatakan, pada tahap awal ekspor ke Argentina kerja sama dengan PT. Rote Keraginan Nusantara (KRN) itu sudah beeupa chips.

Karena itu, lanjutnya pemerintah akan terus berupaya meningkatkan produksi.

“Kita upayakan agar produksi rumput laut berkelanjutan,karena untuk ekspor tentu dibutukan kontinuitas dan kualitas,” katanya.

Ditanyai soal sentra pengembangan rumput laut, ia mengakui, peningkatan produksi akan dilakukan di beberapa daerah seperti di Sulamu, Tablolong, Rote Ndao, Sumba Timur.(Laporan Reporter Uri.co.id, Oby Lewanmeru) ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!