Anak Muda Matim Manfaatkan Hobi Untuk Bangun Gereja

oleh

Anak Muda Matim Manfaatkan Hobi Untuk Bangun Gereja

POS-KUPANG-COM|BORONG–Orang muda katolik (OMK) Stasi Jawang, Pra Paroki St. Hyronimus Emilianus Jawang, Desa Golo Kantar Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur menyelenggarakan kegiatan olahraga.

Di tengah hiruk pikuk rutinitas keseharian, anak-anak OMK Stasi Jawang peduli akan kondisi sosial lingkungannya.

Anak-anak OMK Stasi Jawang cipta kondisi ceria sosial kemasyarakatan dengan mengadakan kegiatan tiga cabang olah raga sekaligus yaitu, turnamen bola kaki, bola volly putra dan putri serta tarik tambang, Selasa (4/6/2019) pagi.

Yang lebih menarik dari kegiatan ini adalah semua hasil atau uang masuk dari kegiatan ini didonasikan untuk pembangunan gereja Pra Paroki St. Hyronimus Emilianus Jawang yang kini tengah mandek akibat ketiadaan anggaran.

“Maksud dan tujuan kegiatan ini untuk merajut kebersamaan, menjalin keakraban, dan mempererat tali silaturahmi sesama warga”, kata Agus Supratman, selaku penanggungjawab kegiatan dalam rilisnya kepada Uri.co.id di Borong, Rabu (5/6/2019) pagi.

Agus mangakui, kegiatan tersebut memiliki tujuan mulia.

Menurut Agus, pihaknya membonceng  kegiatan ini dengan tujuan mulia untuk pembangunan gereja. Semua uang hasil kegiatan ini kami donasikan untuk pembngunan gereja. Pra Paroki St. Hyronimus Emilianus Jawang masih berstatus pra paroki dan baru terbentuk serta belum memiliki tempat ibadah yang memenuhi syarat.

“Kami punya kapela tempat sembahyang, namun kapasitasnya jauh dari harapan. Umat terpaksa berdiri di luar kapela setiap kali sembahyang hari minggu karena kapela gereja sudah penuh. Kami punya donatur, namun pembiayaan donatur terbatas pada item tertentu. Sedangkan fondasi dasar dan cakar ayam fondasi sepenuhnya tanggungan umat,” ungkap Agus.

Saat sambutan pembukaan kegiatan Agus mebeberkan, bahwa dari kegiatan itu tidak akan mendapat keuntungan langsung seperti beras atau sejenisnya yang berupa benda, namun kegiatan itu syarat makna hiburan.

“Dari kegiatan ini kita tidak akan mendapatkan keuntungan langsung seperti beras atau sejenisnya untuk bawa pulang ke rumah kita masing masing. Bila setiap hari kita sibuk dengan rutinitas masing masing, maka inilah saatnya kita dihibur, disini tempat pelepas penat di sini kita jalin kebersamaan, jalin keakraban dan pererat tali silaturahim kita,” kata Agus

Diakhir sambutan, Agus menyatakan, bahwa kegiatan itu sangat penting sekali karena sebagai tonggak dasar pijak kebersamaan umat dalam membangun dan semua umat yang hadir dan ambil bagian pada kegiatan itu adalah kategori orang penting, sebab tanpa bergandengan tangan pembangunan tidak mungkin berjalan.

Menurut Agus, yang paling penting bagi adalah umat jangan buat diri jadi penting, agar segala kerja dan niat dalam melayani terkesan hambar di mata sesama dan tidak ada manfaanya bagi yang Kuasa.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Golo Kantar, Anselmus Noe Nuhung, bertindak sebagai pembina apel pembukaan menyatakan, pihaknya berterimakasih kepada OMK Stasi Jawang atas inisiatifnya melakukan kegiatan sosial untuk kebaikan di wilayah Desa Golo Kantar umumnya dan Stasi Jawang Khususnya.

Menurutnya, kegiatan itu syarat makna sehingga perlu dijaga dan dipahami sebagai kegiatan kemanusiaan agar berjalan aman dan lancar sampai selesai.

“Saya ucapkan terimakasih kepada anak anak OMK dan penanggungjawab kegiatan ini. Tidak dapat dipungkiri, organisasi OMK adalah salah satu elemen penting dalam wilayah ini. Oleh karena itu saya ajak anak anak OMK untuk terus menjadi agen perubahan, agen perdamaian, dan agen pembangunan di wilayah ini umumnya dan Pra Paroki ini khususnya,” kata sang kade.(Laporan Uri.co.id, Aris Ninu) ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!