Dukcapil Kota Kupang Beri Perhatian Esktra Pada Pelayanan Adminduk

oleh

Dukcapil Kota Kupang Beri Perhatian Esktra Pada Pelayanan Adminduk

Uri.co.id|KUPANG — Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang saat ini terus memberi perhatian ekstra pada pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) terutama KTP -El. Pelayanan saat ini sudah dimenej secara baik dan lebih cepat.

Hal ini disampaikan Plt. Kadis Dukcapil Kota Kupang, Drs. Agus Ririmasse, Selasa (4/6/2019) malam.

Menurut Agus, Pemkot Kupang melalui Dinas Dukcapil, saat ini sangat memberikan perhatian ekstra bagi pelayanan Adminduk berupa KTP- El kepada masyarakat Kota Kupang.

“KTP -El sangat penting dan dibutuhkan oleh masyarakat. Saat ini pelayanan di Disdukcapil sudah sangat cepat,sistem dan jaringan telah tertata secara baik,” kata Agus.

Dijelaskan, SDM juga saat terus ditingkatkan dan memadai,dimana banyak ASN yang diberikan kesempatan untuk mengikuti Pelatihan maupun Bimtek di tingkat Provinsi dan Pusat.

“Pak Walikota Kupang sangat memberikan perhatian khusus kepada Dinas Dukcapil Kota Kupang. Beliau mengharapkan agar masyarakat Kota Kupang dapat terlayani dengan cepat,, sehingga tidak menunggu terlalu lama,” katanya.

Bahkan, lanjutnya, Walikota menyampaikan kepada Disdukcapil agar kedepan akan diprogramkan Antar Gratis ( ARTIS ).

“Dinas Dukcapil juga telah melakukan pembenahan pembenahan terkait dengan pelayanan adminduk, dimana telah dilakukan jemput bola di masyarakat,” katanya.

Terkait dengan stok blanko KTP- El, ia mengatakan, saat Disdukcapil Kota Kupang masih memiliki stok blanko namun tidak banyak, karena kebutuhan masyarakat cukup banyak yang dilayani, sehingga diharapkan setelah Idul Fitri/lebaran pihaknya akan mengajukan permintaan ke Ditjen Dukcapil Kemendagri.

” Selaku Plt. Kadisi Dukcapil, saya pastikan bahwa tidak ada hambatan dalam pelayanan KTP -El di Kota Kupang, sepanjang jaringan dari pusat /server tidak terganggu.Kami akan berusaha terus menerus untuk membenahi sistem pelayanan sehingga pelayanan di bidang adminduk dapat berjalan dengan baik serta masyarakat bisa terlayani dengan cepat,” ujarnya.

Agus juga menghimbau kepada masyarakat Kota Kupang agar segera mengurus KTP El maupun administrasi kependudukan lainnya di Disdukcapil Kota Kupang.

“Jangan pada saat kita butuh baru kita datang, nanti terjadi antrian yang panjang dan ketika terjadi antrian yang panjang maka akan memakan waktu yang lama. Bayangkan saja 1 orang kami layani 5-10 menit, kalau 100-200 atau 300 orang yang antri. Kami juga punya keterbatasan peralatan saat itu kalau jaringan eror pasti ada hambatan,” katanya.

Dikatakan, jika kondisi itu terjadi, maka Disdukcapil yang akan disalahkan lagi.

“Saat ini Pak Walikota Kupang memantau langsung pelayanan KTP -El di Dispenduk Kota Kupang. apapun yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat di bidang adminduk harus tuntas. Kalau ada masalah menghadap langsung Pimpinan Disdukcapil Kota Kupang , jangan ribut di Medsos, karena yang bisa mengatasi persoalan KTP El , KK, Akte Kelahiran, Akte Kematian , Suket dan SKPWNI hanya di Disdukcapil .Dan saat ini Disdukcapil Kota Kupang sangat tanggap terhadap pelayanan tersebut,” ujarnya.

Lebih lanjut, Agus mengatakan, saat ini juga Disdukcapil Kota Kupang sdh menerapkan Tanda Tangan Elektronik (TTE), Sehingga pelayanan lebih cepat lagi. Karena itu, walaupun Kadis tidak berada di tempat, maka pelayanan tetap berjalan seperi biasa sebab Kadis Dukcapik bisa menandatangani dokumen Kependudukan melalui perangkat iPad dan langsung bisa diambil oleh masyarakat di Loket Pelayanan Dispenduk.

“Saat ini Kartu Identitas Anak ( KIA) sdh mulai dicetak di Kota kupang untuk Anak anak usia 0-16 tahun,” ujarnya.(Laporan Reporter Uri.co.id, Oby Lewanmeru) ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!